Sabtu, 29 Desember 2012



PENGENALAN INTERNET

A.     PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan computer adalah kumpulan 2 atau lebih jaringan computer yang dihubungkan baik melalui kabel penghantar atau tanpa kabel sehingga dapat saling berkomunikasi atau bertukar informas. Macam – macam jaringan computer dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori, antara lain:
1.       Berdasarkan jarak antarmode atau computer yang terhubung, jaringan computer dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

a.    Local Area Network (LAN)
                      Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, misalnya pada sebuah gedung, biasanya jarak antarnode tidak lebih dari 200 m.
b.    Metropolitan Area Network (MAN)
   MAN merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa LAN. Misalnya jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan kecil dikantor cabang pada suatu provinsi.

c.     Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan computer yang sangat luas, yang sudah menjangkau otoritas Negara lain. Biasanya WAN sudah menggunakan media wireless, sarana satelit atau kabel serat optik.
         Perbedaan lingkup area LAN, MAN, WAN, adalah sebagai berikut:
Jarak Antarkomputer
Lokasi/Area
Jenis Jaringan
1 - 10 m
Ruangan
Local Area Network
100 m – 1 km
Gedung Perkantoran
Metropolitan Area Network
10 km – 100 km
Kabupaten, Provinsi
>100 km
Negara
Wide Area Network
>1000 km
Benua
>10.000 km
Planet
Internet

2.       Berdasarkan skema fisik hubungan antarnode atau pengkabelan. Macam jaringan computer adalah jaringan bus, star, ring, dan web.
a.       Jaringan bus, computer dihubungkan secara berurutan dari node pertama dihubungkan kenode kedua, dari node kedua dihubungkan kenode ketiga, dan seterusnya.
b.      Jaringan star atau hubungan bintang setiap computer dihubungkan ke satu node sebagai pusat hubungan yang disebut konsentrator.
c.       Jaringan ring atau melingkar. Komputer dihubungkan secara berurutan seperti jaringan bus tetapi node terakhir dihubungkan ke node pertama sehingga terbentuk hubungan yang melingkar seperti cincin.
d.      Jaringan web, atau mesh (jala). Setiap mode dihubungkan kesemua node yang ada dalam jaringan.
3.       Berdasarkan kedudukan jaringan node. Jaringan computer ada yang memberikan kedudukan yang sama pada setiap node yang disebut jaringan peer to peer dan ada yang memberikan kedudukan yang berbeda yang disebut jaringan client-server. Dalam jaringan peer to peer, setiap node dapat menggunakan resource pada node lain atau memberikan resource yang dimilikinya untuk digunakan oleh node lain. Sedangkan dalam jaringan client-server node yang bertindak sebagai client hanya dapat menggunakan atau memberikan resource sesuai aturan yang diberikan satu node lain yang bertindak sebagai server. Sedangkan server berkuasa mengatur penggunaan resource yang terdapat dalam jaringan untuk diberikan kepada client. Jenis layanan client-server ini antara lain File server (layanan pengelolaan file), Print server (layanan pencetakan), Database server (layanan mengenai proses-proses fungsional tentang suatu database) dan DIP (Document Information Processing meliputi layanan fungsi penyimpanan, manajemen, dan pengambilan data).

B.      ALASAN MEMBUAT JARINGAN
         Ada beberapa alasan yang digunakan orang atau perusahaan untuk membangun suatu jaringan computer. Alasan – alasan tersebut antara lain:
1.       Penggunaan sumber daya bersama – sama
Pada perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas seperti hardisk, printer, CDROM, dan lain – lain. Dengan jaringan maka setiap pemakai computer dapat menggunakan sumber daya tersebut dengan lebih mudah dengan lebih efisien.
2.       Memperluas kegunaan dan daya guna system computer.
Melalui jaringan maka setiap terminal atau system komputer dapat saling berkomunikasi, bertukar data, dan informasi.
3.       Membuat system komputer menjadi lebih mudah.
Dengan adanya jaringan, maka perangkat keras komputer dapat dipasang dimana saja menurut kehendak pemakai pada jaringan tersebut. Perangkat keras tidak harus dilokalisasi pada satu terminal saja.
4.       Dengan adanya pemrosesan terdistribusi untuk mencegah ketergantungan pada komputer pusat.
Dengan proses terdistribusi, maka pemrosesan data tidak lagi dilakukan pada komputer tertentu tetapi dapat dilakukan pada setiap terminal atau system komputer.
5.       Berbagai macam aplikasi diintegrasikan untuk dijalankan pada terminal yang lain, sehingga setiap terminal tidak harus menyimpan semua aplikasiyang diperlukan.
6.       Tidak ada ketergantungan pada satu jenis komputer, sehingga kemungkinan berbagai merk komputer yang sama pada setiap terminal dan server. Sehingga orang dapat menjalankan komputer jenis/merk apapun dalam jaringan.

C.      MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Pada dasarnya manfaat atau tujuan jaringan komputer sebagai berikut.
1.       Manfaat bagi perusahaan
a.    Resource Sharing, yaitu bertujuan agar seluruh program, peralatan, data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh lokasi resource dan pemakai.
b.    High reliability (keandalan tinggi), yaitu tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya file atau data dalam sebuah mesin atau CPU dapat disalin (di back up) ke mesin yang lain yang masih aktif sehingga pekerjaan tetap dapat dilanjutkan.
c.Saving money, penghematan. Komputer PC mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik disbanding komputer besar. Komputer mainframe mempunyai kinerja (kecepatan kerja) 10 kali lipat kerja PC, tetapi harga komputer mainframe 10kali lipat lebih mahal harga PC. Oleh karena itu lebih baik membangun system yang terdiri dari komputer – komputer kecil untuk mendapatkan kinerja seperti komputer besar.
2.       Manfaat bagi pengguna umum
a.       Akses yang berada ditempat lain tetap up to date (terbaru) misalnya surat kabar online, info e-government, e-business, dan lain – lain.
b.      Komunikasi mudah dari orang ke orang.
c.       Hiburan interaktif.

D.     PENGERTIAN INTERNET, INTERNET, DAN EKSTERNET
         Internet berasal dari kata interconnected networks yang berarti jaringan yang saling terhubung. Menurut pengertian tersebut beberapa jaringan komputer yang dihubungkan merupakan sebuah internet. Secara umum istilah internet digunakan untuk menyebutkan kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung yang mencakup seluruh jaringan yang ada didunia. Sehingga internet tidak menjadi hak milik seseorang, lembaga, atau Negara tertentu. Jadi internet adalah kumpulan komputer dan jaringan komputer diseluruh dunia yang dihubungkan sehingga dapat saling bertukar informasi.
         Dalam lingkup yang lebih sempit, sebuah organisasi atau lembaga atau perusahaan tertentu mampu membangun jaringan sendiri dengan mengadopsi teknologi internet. Jaringan tersebut secara khusus tidak boleh digunakan oleh orang luar anggota organisasiyang bersangkutan. Jaringan demikian disebut dengan internet.
         Sesuai dengan perkembangan internet yang demikian pesat, sebuah organisasi yang memiliki jaringan internet dapat memanfaatkan jaringan internet untuk memberikan informasi yang diizinkan untuk diketahui atau diakses oleh pihak diluar organisasi. Seperti untuk publikasi atau kepentingan lain yang berhubungan dengan pihak luar. Bagian informasi atau jaringan didalam sebuah internet yang dihubungkan dan diizinkan yang diakses oleh pihak luar organisasi melalui internet tersebut disebut eksternet.

E.      PERKEMBANGAN INTERNET
1.       Pembentukkan jaringan komputer diawali sekitar tahun 1950-an yaitu ketika ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang kemudian dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Konsep ini diciptakan untuk membuat sebuah supercomputer dimana satu unit komputer harus dapat melayani beberapa terminal. Pada system TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Pada proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri – sendiri.
2.       Pada tahun 1957 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
3.       Memasuki tahun 1970-an sudah lebih 10 komputer berhasil dihubungkan sehingga komputer – komputer tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Tahun 1972, Roy Tamlinson berhasil menyempurnakan program e-mail. Program ini begitu mudah dan langsung populer dengan memperkenalkan ikon @ yang berarti pada.
4.       Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas ke luar Amerika Serikat. Computer University College di London merupakan komputer pertama diluar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, 2 orang ahli komputer, Vinson Cerf dan Bob kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (internet). Ide ini pertama kali dipresentasikan di Sussex University.
5.       Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan news grup yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan baru dengan meluncurkan telepon TV pertama, dimana orang bias telepon sambil melihat wajah lawan bicaranya melalui video link.
6.       Pada tahun 1982 dikeluarkan TCP/IP
7.       Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang disebut UENET,yang menyediakan jasa jaringan komputer di Negara Belanda, Inggris, Denmark, Swedia yang menyediakan jasa e-mail dan news grup USENET dan untuk menyeragamkan alamat dijaringan yang ada.
8.       Pada tahun 1984 diperkenalkan DNS yang merupakan system penamaan untuk memudahkan manusia menghubungi dijaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit komputer hingga tahun 1984 itu.
9.       Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan memperkenalkan IRC dan setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung melonjak 10 kali lipat (lebih dari 100.000 unit komputer).
10.   Tahun 1989, Tim Berner Lee menciptakan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain. Program ini disebut WWW (World Wide Web).
11.   Tahun 1990 ARPANET ditutup dan digantikan dengan NSFNET.
12.   Tahun 1992, istilah surfing (menjelajah) di Internet diperkenalkan oleh Jean Armour Polly.
13.   Tahun 1994, Browser Netscape Nafogator 1.0 dikeluarkan, YAHOO didirikan.
14.   Tahun 1996, Netscape Navigator 2.0 yang sudah mendukung java script dikeluarkan. Internet Explorer dikeluarkan oleh Microsoft.
15.   Tahun 1998, Larry page dan Sergey Brin mendirikan GOOGLE
16.   Tahun 2004, Mozilla Firefox 1.0 dirilis dan merupakan browser open source pertama yang dapat di-download dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar